Papua Mart Blog

Kopi Papua, Buah Merah Papua

Telp: 082210183000 (WA)
Email: papuamart@gmail.com
Alamat PAPUAmart.com Hawai, Sentani, Kab. Jayapura

Thursday 6 July 2017

Batas Waktu Processing di Bukalapak.com dan Tokopedia.com Merugikan Saya, karena itu Saya Stick dengan PAPUAmart.com

Dengan hormat saya mau sampaikan kekecewaan saya yang utama di sini, berjualan di Bulakapak.comd an Tokopedia.com, di mana dalam paket mereka kita dipaksa untuk membatasi waktu untuk menanggapi sebuah pesanan.

Saya sudah mengalami kerugian karena tidak sempat mengirimkan pesanan, kok pesananan yang ada sudah dibatalkan. Saya di Papua biasanya jarang punya akses ke Internet, sering mati lampu sampai malam baru lampu jalan, akses internet saja loading berjam-jam baru bisa, lalu kalau pakai Mobile Phone juga 99% daerah di Tanah Papua tidak punya akses 3G, jangankan 4G, jadi aksesnya sangat lambat.

Saya sering berulang-ulang mengakses, tetapi gagal dan gagal. Sampai saya sudah mengakses dan berhasil login, apa yang saya dapatkan "Selesai", "Dikembalikan" dua-duanya tercetak di bawah halaman penjualan saya.

Bukalapak.com, Selesai Dikembalikan
Memang dari sisi Bukalapak.com dan Tokopedia.com mereka punya maksud baik untuk mendidik kita sebagai pelapak agar secepatnya bergerak, tetapi memang juga mereka lupa, bahwa Indonesia secara utuh tidak-lah seperti yang dibayangkan dan diharapkan di Jakarta dan sekitarnya.

Negara belum mampu menyediakan seluruh fasilitas infrastruktur yang memungkinkan kita semua berbisnis secara Online dalam kecepatan dan irama yang sama.

Oleh karena itu, kalau boleh saya ajukan permintaan kepada Bukalapak.com dan Tokopedia.com supaya memikirkan kebijakan khusus untuk para pelapak dari Tanah Papua dan sekitarnya, yang punya akses Itnernet kategori terburuk di Indonesia., yang punya kartu telepon Indosat dan Telkomsel dan lainnya juga dengan nomor kode dan tagihan harga pulsa yang lebih mahal, yang mengalami kerugian karena semua fasilitas yang serba terbatas.

Solusi yang paling bisa dari saya sebagai pelapak, saya sudah menempatkan satu orang petugas di Yogyakarta saat ini untuk menangani penyelesaian Toko Online, tetapi masalah lain juga muncul, yaitu penyampaian barang kalau dari Jayapura masih lama, melebihi batas waktu Bukalapak.com dan Tokopedia.com, maka sama saja resikonya, proses pembelian dianggap selesai dan uang dikembalikan kepada pembeli.

Di sini bukan masalah akses internet lagi, tetapi masalah kargo.

Saya pernah alami, barang sudah saya kirim, proses masih berjalan, tetapi ternyata sudah dibatalkan oleh toko online, sehingga saya harus minta pembayaran di luar toko Online Tokopedia atau Bukalapak.

Ngeri juga sebernarnya, resikonya bisa parah kalau dalam jumlah uang besar, kalau berjualan di Tokopedia.com atau Bukalapak.com

Maka itu solusi yang saya ambil saat ini ialah membuat Toko Online sendiri,biar pesananannya makan 1 bulan juga saya bisa proses, biar pengiriman dari Jayapura memakan waktu 2 minggu juga saya bisa memprosesnya.

Apa di luar sana ada pengalaman mirip? Ya beragi!

No comments:

Post a Comment

Fasilitas SRO dan Daftar Jadi Agen Tiket

The Hottest Post×